Sunday, October 25, 2015

Sirup Glukosa dan Maltosa Bahan Industri dari Ubi Kayu

Sirup Glukosa adalah nama dagang dari larutan hidrolisis pati. Hidrolisis dapat dilakukan dengan bantuan asam atau dengan enzim pada waktu, suhu, dan pH tertentu. Pemotongan rantai pati oleh asam lebih tidak teratur dibandingkan dengan hasil pemotongan rantai pati oleh enzim, sehingga hasilnya adalah campuran antara dekstrin, maltosa, dan glukosa. Hasil hidrolisis enzim lebih dapat dikendalikan, sehingga dapat diatur kadar maltosa atau glukosanya.
Sirup Glukosa dan Maltosa Bahan Industri dari Ubi Kayu

Glukosa kristal (diperdagangkan dengan nama dextrosa monohydrat) adalah hasil kristalisasi larutan hidrolisis yang mengandung kadar glukosa tinggi.


Sirup glukosa dan high maltose syrup dipergunakan dalam industri makanan dan minuman, terutama dalam industri permen (sweets dan candies), selai, dan pengalengan buah-buahan. Dextrosa monohydrat lebih banyak dipergunakan dalam industri farmasi dan minuman instant. Pasaran untuk kedua jenis produk ini sangat terbatas meskipun tidak dapat diabaikan begitu saja, karena di Indonesia sebagian dari bahan ini masih diimpor.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar jika perlu menanyakan seputar Industri Ubi Kayu dan proses pengolahannya